Penggerak alami pemanasan global -- lebih banyak awan yang memerangkap panas, mencairnya permafrost, dan menyusutnya es laut -- yang telah digerakkan oleh polusi karbon akan mengambil momentumnya sendiri, kata para peneliti
Penggerak alami pemanasan global -- lebih banyak awan yang memerangkap panas, mencairnya permafrost, dan menyusutnya es laut -- yang digerakkan oleh polusi karbon akan mengambil momentumnya sendiri, kata para peneliti IBTimes US

POIN UTAMA

• Para ilmuwan menguji sampel untuk melihat apakah ada partikel virus yang terkandung dalam lapisan tanah beku yang masih menular
  • Usia virus saat ini adalah yang tertua di dunia
  • Para ilmuwan mempelajari virus yang hanya dapat menargetkan amuba, bukan hewan atau manusia

Saat pemanasan global mempercepat pencairan permafrost di wilayah Kutub Utara, para ilmuwan telah menghidupkan kembali virus "zombie" yang mungkin masih menular dari 48.500 tahun lalu.

Virus itu adalah salah satu dari beberapa jenis virus purba yang profesor kedokteran dan genomik Aix-Marseille University School of Medicine Emeritus Jean-Michel Claverie dan timnya diisolasi dari sampel permafrost yang diambil dari tujuh area di seluruh Siberia, menurut penelitian mereka yang diterbitkan 12 Februari. 18 dalam jurnal Virus .

Permafrost adalah lapisan bumi yang tetap membeku setidaknya selama dua tahun berturut-turut. Permafrost tertua di dunia, ditemukan di Siberia, telah membeku selama lebih dari 650.000 tahun.

Claverie dan timnya mengisolasi virus "zombie" berusia 48.500 tahun dari sampel bumi yang diambil dari danau bawah tanah 52 kaki di bawah permukaan. Sampel termuda, yang ditemukan di isi perut dan sisa-sisa wol mammoth, berusia 27.000 tahun.

Strain yang diisolasi Claverie dan timnya mewakili lima keluarga virus baru.

Dalam studi mereka, Claverie dan timnya memastikan kemampuan virus DNA besar untuk menginfeksi sejenis amuba yang mereka gunakan untuk penelitian.

"Menyusul laporan awal yang diterbitkan lebih dari lima tahun lalu, penelitian ini menegaskan kapasitas virus DNA besar yang menginfeksi Acanthamoeba untuk tetap menular setelah lebih dari 48.500 tahun dihabiskan di permafrost yang dalam," demikian bunyi penelitian tersebut.

Claverie menguji sampel bumi yang diambil dari permafrost Siberia untuk melihat apakah ada partikel virus yang terkandung dalam lapisan tanah beku yang masih menular untuk lebih memahami risiko yang ditimbulkan oleh virus beku, lapor CNN .

"Ada banyak hal yang terjadi dengan permafrost yang menjadi perhatian, dan [itu] benar-benar menunjukkan mengapa sangat penting bagi kita untuk menjaga sebanyak mungkin permafrost beku," Kimberley Miner, seorang ilmuwan iklim di NASA Jet Propulsion Laboratory di Institut Teknologi California di Pasadena, California, kepada CNN.

Upaya Claverie untuk mendeteksi virus yang membeku di permafrost sebagian terinspirasi oleh tim ilmuwan Rusia yang pada tahun 2012 menghidupkan kembali bunga liar dari jaringan benih berusia 30.000 tahun yang ditemukan di liang tupai.

Tim Claverie sebagian besar menemukan virus yang hanya menginfeksi amuba, bukan hewan atau manusia, dan karena itu bukan ancaman langsung terhadap kesehatan masyarakat. Namun, kemampuan virus untuk hidup dan bereplikasi dapat menjadi indikasi bahwa virus dorman yang berbahaya bagi manusia juga dapat dihidupkan kembali dari pencairan es.

"Risiko kesehatan masyarakat datang dari percepatan pelepasan virus yang sebelumnya dibekukan dikombinasikan dengan peningkatan paparan manusia, karena pemanasan global juga membuat daerah Kutub Utara lebih mudah diakses untuk pengembangan industri," kata Claverie kepada Newsweek tahun lalu.

Claverie mengatakan kepada CNN, "Kami melihat virus yang menginfeksi amuba ini sebagai pengganti semua kemungkinan virus lain yang mungkin ada di permafrost. Kami melihat jejak banyak, banyak, banyak virus lainnya. Jadi kami tahu mereka ada di sana. Kami tidak tahu pasti bahwa mereka masih hidup. Tetapi alasan kami adalah bahwa jika virus amuba masih hidup, tidak ada alasan mengapa virus lain tidak akan hidup, dan mampu menginfeksi inangnya sendiri."

Pada tahun 2014, Claverie juga berhasil menghidupkan kembali virus yang dia dan timnya isolasi dari permafrost. Tim membuat virus berusia 30.000 tahun itu menular lagi dengan memasukkannya ke dalam sel kultur, menurut CNN.

Setahun kemudian, dia juga mengisolasi berbagai virus yang juga hanya menargetkan amuba untuk keamanan.

Tetapi pandoravirus berusia 48.500 tahun adalah virus tertua yang telah dihidupkan kembali sejauh ini, kata Claverie dalam sebuah wawancara dengan New Scientist.

"48.500 tahun adalah rekor dunia," kata Claverie kepada majalah itu tahun lalu.

Sergey Zimov, 66, seorang ilmuwan yang bekerja di Stasiun Sains Timur Laut Rusia, memeriksa bahan yang disimpan di bawah tanah di permafrost di Taman Pleistosen di luar kota Chersky, Republik Sakha (Yakutia), Rusia, 13 September 2021. IBTimes US